JS FlexSlider

Pemanfaatan Sistem IT

Information Techonologi (IT), merupakan alat yang berdaya guna untuk membantu manajemen dalam meng-Operasi-kan kegiatannya. Pemanfaatan System TI pada kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan, karena dibutuhkan kesiapan beberapa unsur/parameter yang terlibat didalamnya. Keberhasilan pemanfaatan Sistem TI sangat tergantung dari unsur-unsur tersebut, yang justru banyak terabaikan oleh para Owner dan atau Pemimpin

Sejalan dengan kemajuan teknologi Informasi, RS Bayukarta menyadari sejak lama bahwa teknologi ini dipandang sangat bermanfaat untuk diterapkan di RSBK, terutama didalam kelengkapan pencatatan data dan kecepatan pemrosesan data sehingga bermanfaat didalam mempersingkat waktu pelayanan kepada pasien RSBK, 

karenanya sejak Januari 2007 RSBK melakukan mengembangkan sistem IT yang kemudian direalisasikan  pada tanggal 28 November 2008 dengan melakukan perubahan besar-besaran terhadap System IT, Organisasi, dan Standar Prosedur Operasional (SPO), sehingga saat ini System IT tersebut telah menjadi sebuah sistem yg terintegrasi secara penuh.
 
Pada saat ini pemanfaatan teknologi informasi di RSBK sudah menyeluruh dan terintegrasi sehingga memudahkan banyak pihak, baik staf perawat maupun para staf administrasi, yang ujungnya menguntungkan para pasien.
 
Adapun pemanfaatan teknologi informasi sudah mencakup :
1. Registrasi Pasien Umum yang hanya memerlukan waktu kurang dari 1 menit, kecuali Pasien Perusahan dan Asuransi yang memerlukan waku lebih lama karena harus konfirmasi ke perusahaan dan atau asuransinya sendiri yang seringkali lama responnya.
2. Medical Record Digital, menggunakan system Tracer dengan papan list electronik di ruang medrec seperti di Airport, karena jarak ruang medrec dengan registrasi cukup jauh.
3. System Administrasi Pelayanan Medis : IGD, Eye Center, Rawat Jalan, Rawat Inap, ICU, VK, OK, dll
4. System Administrasi Penunjang Medis : Farmasi, Laboratorium, Radiologi, Fisiotherapy, dll.
5. System tagihan pasien : Billing dan kasir
6. System Keuangan dan Accounting
7. System Purchasing dan Logistik
8.System Medrec dan laporan Starndar Kegiatan Rumah Sakit
9, System Manajemen Report
 
seluruh system tersebut di instalasi bukan hanya online biasa, tapi dibangun dengan konsep "full Integrated".
system tersebut Konsep dan kerangka besarnya disiapkan oleh PT Dutakreatif Nusantara (www.dutakreatifnusantara.com), yang selanjutnya dimaintain oleh team SIM RS Bayukarta sendiri.
 
(bersambung)
 
Catatan Khusus :
agar system yang dibangun, implementasinya berhasil, berikut adalah hal penting yang harus direnungkan.

Unsur penting dalam System TI antara lain :

1. Konsep dasar yang benar. banyak system TI yang dibuat tidak berdasarkan konsep System yang benar. mereka dibuat dengan konsep umum, agar cepat terpakai oleh perusahaan/lembaga/instansi/institusi (baca : CEPAT TERJUAL...!!!). sementara perusahaan sendiri tidak begitu faham isi didalam program system TI nya sendiri.

2. System program yang sesuai dengan SPO (Standar Prosedur Operasional) Manajemen atau sesuai dengan Prosedur System TI nya. karena setiap perusahaan/lembaga/instansi/institusi, memiliki karakter manajemen yang berbeda-beda, walaupun dalam "core" bisnis yang sama.

3. SDM yang memiliki mind set yang sejalan dengan system TI nya sendiri. dalam hal ini "Up grading" SDM diluar pengetahuan system TI mutlak dibutuhkan. hal ini sering terlupakan, padahal SDM ini yang akan mengendalikan system TI nya itu sendiri.

4. Team TI yang profesional, yang mangawal Impelementasi System sampai tuntas. dalam hal ini kebanyakan perusahaan/lembaga/instansi/institusi, mendapatkan system TI berdasarkan sistem JUAL-BELI .....!!! seharusnya dengan sistem KONSULTANSI......!!!

Lihat buku "Kegagalan Implementasi Sistem Komputer yang terintegrasi di Perusahaan/Lembaga/Instansi/Institusi", tulisan Ir. Denny Sadhana, Msi. (pesan bisa melalui email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )